Jenis – Jenis Kayu solid wood Bahan Pembuat Furniture

Kayu adalah salah satu hasil alam yang paling penting dalam keberlangsungan hidup manusia, khusunya sebagai penopang kehidupan manusia melalui penggunaan-penggunaannya pada bangunan. Selain untuk bangunan, kayu digunakan sebagian besar untuk pembuatan furniture.  Ada jenis-jenis kayu dari berbagam jenis pohon yang biasa digunakan dalam bangunan dan furniture.

Apa saja jenis-jenis kayu solid wood yang populer sebagai bahan digunakan pembuat furnitur?

1. Teak / Jati

Jika berbicara tentang kayu paling kuat, maka kayu jati yang pertama kali terbesit di benak sebagian besar orang. Kayu jati merupakan kayu premium yang berasal dari Asia Tenggara. Orang-orang Indonesia sudah begitu familiar dengan kayu jati karena termasuk komoditi yang besar. Kayu jati dianggap sebagai kayu paling kuat dan paling tahan lama dari semua jenis kayu yang digunakan untuk furnitur. Karakteristik kayu jati yang paling menonjol adalah warnanya yang coklat atau emas gelap dengan tekstur yang halus.

Jati juga terkenal sebagai kayu yang memiliki permukaan yang tidak mudah menyerap air sehingga tahan dengan suhu dan kelembaban. Ini tahan terhadap pembusukan, peretakan, paparan sinar matahari, hujan, dan salju sehingga cocok untuk furnitur outdoor. Karena sifatnya yang kuat dan kokoh, kayu jati termasuk kayu yang mahal.

  • Warna:  Heartwood dapat bervariasi dari coklat keemasan ke coklat keunguan dalam, dengan garis coklat gelap.
  • Kepadatan:  Keras, berat dan kuat. 650 – 900 kg/m3
  • Grain / Teksture: Biasanya berpaut sempit.

Penggunaan Umum:  Furnitur high end, alat musik, veneer, dan benda kayu yang berubah.

2. Mahogany / Mahoni

Mahogany atau mahoni adalah salah satu jenis hardwood yang paling populer dan banyak digunakan sebagai furnitur. Mahoni cukup mahal, tapi tidak semahal jati. Ciri-ciri kayu mahoni adalah warnanya yang cukup beragam, mulai warna coklat medium hingga coklat merah gelap, tergantung warnanya. Karakteristik kayu mahoni yang lainnya adalah serat atau teksturenya yang beragam. Kayu mahoni banyak dipilih karena tampilannya yang khas yakni berwarna kemerahan dan mengkilau ketika dipoles. Kayu mahoni juga cukup keras dan kuat, namun tidak sekuat dan seawet kayu jati sehingga lebih cocok untuk furnitur indoor. Di Indonesia, selain kayu jati, mebel jepara yang terkenal sebagai pengrajin mebel lokal juga sering menggunakan kayu mahoni. Kayu mahoni umumnya lebih terjangkau.

  • Warna: Coklat kemerahan ke merah darah.
  • Kepadatan: Tekstur sedang, kokoh, dan cukup berat. 500 – 850 kg / m3
  • Grain / Tekstur: Lurus.
  • Penggunaan Umum: Furnitur high end, penggilingan interior, pintu eksterior, jendela, dan trim.

3. Kayu Trembesi

Kayu trembesi sering kali dipakai sebagai alternatif pilihan selain kayu jati dibidang furniture mebel. Hampir setiap kayu yang digunakan untuk kebutuhan furniture dan kontruksi mempunyai ciri khasnya tersendiri, seperti pola yang unik, serat kayu yang padat atau lurus, warnanya yang menarik dan masih banyak lagi. Termasuk pada kayu trembesi.

kayu trembesi ini mempunyai kulit bagian luar yang berwarna putih cerah, sedangkan bagian dalam kayunya memiliki warna coklat tua seperti kayu jati perhutani pada umumnya.

Salah satu keunikan dari trembesi kayu ini yaitu terdapat garis-garis berwarna hitam pada bagian kayunya, sehingga hal ini bisa menjadi daya tarik para produsen untuk menjadikannya sebagai furniture

Kelebihan

  • Mempunyai serat kayu yang unik, lurus dan berwarna hitam
  • Pertumbuhannya tergolong cukup cepat bila dibandingkan dengan kayu jati
  • Diamaternya dapa tumbuh mencapai 1,5 meter sehingga bisa membuat furniture dengan ukuran yang besar
  • Selain mudah ditemukan, kayu trembesi ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Kekurangan

Apa saja kekurangan kayu trembesi?

  • Tidak dapat bertahan dari kelembaban
  • Mudah lapuk bila terkena lembab
  • kayu trembesi tidak tahan rayap sehingga harus diberi cairan suntikan anti rayap terlebih dahulu bila ingin menggunakannya
  • Dikarenakan trembesi kayu ini tingkat keawetannya rendah, sehingga perlu dirawat dengan baik dan benar agar kualitasnya tetep terjaga. Sehingga bisa bertahan cukup lama.
  • Kurang bertahan dari beban berat dalam kurun waktu yang lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu

Open chat
Selamat Datang di Website Bagasmebel Jepara,
kami mengutamakan produk yang memiliki kualitas terbaik untuk beragam kebutuhan.

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.