4 Langkah Mudah Merawat Furniture Outdoor

Merawat furniture kayu yang ditempatkan di luar ruangan tentunya akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan merawat furniture di dalam ruang. Hal ini dikarenakan furniture di luar ruangan akan lebih mudah terkena noda, debu, kotoran, huan dan bahkan terik matahari. Itukah mengapa furniture kayu yang ditempatkan di luar ruangan membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan furniture kayu yang ditempatkan di dalam ruang.
Agar furniture kayu yang berada di luar ruangan anda dapat memiliki usia pakai yang lebih lama, kami akan mencoba share beberapa tips merawat furniture kayu luar ruangan agar bertahan dan awet digunakan hingga bertahun tahun. Lebih jelasnya simak selengkapnya sebagai berikut.

1.  Mengoleskan Pelembab
Kayu adalah bahan yang sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Agar furniture kayu tetap awet dan terlindungi dari kerusakan, sangat penting untuk mengoleskan pelembab secara teratur. Pelembab akan menjaga kelembaban alami kayu dan mencegahnya dari retak atau kusam. Pilih pelembab yang dirancang khusus untuk kayu outdoor dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan cermat.

2. Melapisi dengan Cat Kayu
Salah satu cara terbaik untuk melindungi furnitur kayu di luar rumah adalah dengan melapisi dengan cat kayu. Cat kayu membentuk lapisan pelindung yang mencegah air dan sinar UV merusak kayu. Sebelum melapisi dengan cat, pastikan permukaan kayu bersih dari debu dan kotoran. Gunakan kuas atau rol cat yang cocok untuk kayu outdoor dan pastikan mengaplikasikan cat secara merata. Untuk hasil terbaik, ulangi pelapisan setelah beberapa tahun tergantung pada kondisi cuaca dan paparan furnitur kayu.
3. Menjaga Agar Tetap Bersih
Furniture kayu di luar rumah cenderung terkena kotoran, debu, atau tumpahan. Agar tetap terlihat indah, bersihkan furniture secara teratur. Gunakan sikat lembut atau kain lembut yang dibasahi dengan air hangat dan sabun ringan.
Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau abrasif, karena dapat merusak lapisan pelindung furnitur kayu. Setelah membersihkan, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih.

4. Melindungi dari Paparan Langsung Matahari dengan Payung Taman
Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kayu menjadi kering, pecah, atau pudar warnanya. Agar furniture kayu tetap awet, letakkan furnitur di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung.
Jika tidak memungkinkan untuk menempatkannya di bawah naungan, pertimbangkan untuk menggunakan payung atau penutup furnitur saat tidak digunakan. Hal ini akan membantu meminimalkan paparan langsung sinar matahari dan menjaga furniture kayu tetap terlindungi.
Merawat furniture kayu di luar rumah memerlukan perhatian khusus agar tetap terlihat indah dan tahan lama. Selain dari segi perawatan material kayu yang digunakan dalam pembuatan furniture juga memiliki peranan yang juga tidak kalah pentingnya untuk menjamin ketahanan dan usia pakai furniture yang ditempatkan di luar ruangan.


Maka dari itu,pertimbangkan juga menentukan furniture yang tepat untuk outdoor dengan mempertimbangkan jenis kayu atau material yang digunakan. Ada banyak macam jenis kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture kayu luar ruangan agar awet dan tahan lama seperti halnya kayu jati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu

Open chat
Selamat Datang di Website Bagasmebel Jepara,
kami mengutamakan produk yang memiliki kualitas terbaik untuk beragam kebutuhan.

Silahkan hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.